BERSUCI SEBGAIMANA NABI MUHAMMAD SAW BERSUCI Part 4

BERSUCI SEBGAIMANA NABI MUHAMMAD SAW BERSUCI: BERKUMUR-KUMUR

Membersihkan mulut adalah salah satu kebiasaan Nabi Muhammad SAW, yang masuk kedalam salah satu dari sepuluh fitrah kesucian manusia. Sehari-hari beliau bersiwak baik ketika hendak melaksanakan ibadah (shalat) maupun dalam keseharia. Semuanya demi menaga kebersihan (kesucian) dan kesehatan mulut beliau. Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya mulut-mulut kalian adalah sebagai jalanAl-Qur’an, karenanya bersihkanlah dengan siwak.” (HR.  Bukhari dan muaslim).
Beliau adalah orang yang senantiasa berada di tengah-tengah umatnya, berinteraksi dengan mereka sehingga beliau menjaga betul kesehatan gigi dan mulut beliau. Aisyah ra istri Nabi Muhammad SAW pernhah berkat, “juka beliau hendak masuk kedalam rumah, beliau memulainya dengan bersiwak.”

Beliau kerap membersihkan mulut ketika hendak shalat, dan itu sudah menjadi kebiasaan dan kesenangan beliau. Kebiasaan beliau ini kemudian diikuti oleh para sahabat. Suatu ketika Abu Salamah mendapat Zaid yang tengah duduk di dalam masjid, sementara siwak terselip di daun telinganya seperti pena yang diselipkan didaun telinga oleh seorang penulis. Setiap Zaid berdiri untuk shalat, ia bersiwak.

Komentar